Ketika Presentasi 2 Menit Anies Baswedan Dipuji Para Dubes dan Sekjend PBB

Mawardi Tombang
Senin, 19 April 2021 06:59:39

KANALSUMATERA.com - JAKARTA - Pujian kembali datang ke Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. Kali ini datang dari Sekretaris Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guteres saat Anie diberi kesempatan presentasi di acara dialog C40 Cities secara virtual pada Jumat (16/4/2021). Dalam acara yang dipandu eks ketua C40 David Miller, Anies selaku wakil ketua dewan pengawah jejaring C40 hanya berpidato singkat sekitar dua menit.

"Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam, selamat pagi semuanya. Yang terhormat Sekjen PBB Pak Antonio Guterres. Para sesama gubernur dan wali kota, para hadirin sekalian," kata Anies membuka pidatonya di hadapan wali kota dan gubernur anggota C40 lainnya.

Anies dalam presentasinya menyampaikan, pemerintah kota memiliki tugas untuk menyediakan lingkungan tempat tinggal yang layak huni bagi warga kotanya. "Hal ini termasuk dengan mengatasi dampak perubahan iklim dengan melakukan upaya untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kota-kota," ucapnya.

Anies menjelaskan, kota-kota secara global melakukan pengurangan emisi dengan berkomitmen dan mengalokasikan sumber daya untuk membuat rencana aksi iklim. Selain itu, juga melakukan implementasi aksi iklim dalam strategi transportasi, tata bangunan, serta mempromosikan energi bersih, dan banyak lagi.

"Jadi para hadirin sekalian, kota-kota di dunia melakukan langkah-langkah terobosan yang berani, dan demikian halnya dengan Jakarta. Jakarta telah berkomitmen untuk menjadi kota berketahanan iklim," ucap Anies.

Anies menjelaskan kerja dia di Jakarta. Jakarta telah bertransformasi dari pembangunan yang berbasis mobil ke pembangunan yang berbasis pada transit. Jakarta, sambung dia, memimpin dalam aksi transportasi dan mobilitas yang berkelanjutan. Pihaknya pun ingin melanjutkan program itu lebih jauh.

"Jadi, pada kesempatan ini para hadirian sekalian, izinkan saya untuk mengutarakan beberapa bantuan yang dibutuhkan oleh kota-kota dari PBB. PBB memiliki peran yang besar untuk membantu kota-kota di dunia," ujar pria mantan Rektor Universitas Paramadina ini.

Dia melanjutkan, pertama, PBB dapat mendorong negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan di tingkat kota. Langkah itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Detemined Contribution (NDC) aksi iklim.

Kedua, kata Anies, dalam kapasitasnya, PBB mampu meminjamkan tangannya untuk mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horizontal di tingkat aksi serta kebijakan.

"Terakhir, dalam rangka menuju COP 26, PBB dapat pula mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif untuk menerjemahkan manfaat yang diperoleh pemerintah nasional pada forum global untuk dieksekusi pada level lokal. Terima kasih banyak," tutupnya.

Usai Anies berpidato, Sekjen Antonio Guterres langsung memberi respon. Dia sepakat dengan materi yang disampaikan Anies.

"Apabila saya boleh menanggapi, saya hanya ingin mengatakan, kami sepenuhnya mendukung usulan Anda dan siap melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB di berbagai negara untuk sepenuhnya melalui advokasi global dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang Anda usulkan kepada kami," terang Guterres.

Sumber: Republika

Anies pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi tanggapan Guterres.

David Miller selaku moderator dan beberapa duta Besar Global untuk aksi iklim inklusif pun berseloroh memuji materi yang disampaikan Anies. "Gubernur Baswedan, Anda telah berhasil mempengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit, bayangkan apabila Anda mendapatkan waktu empat menit," kata Miller sambil tersebut. ***

Lainnya
Seorang WNI dan Suaminya Dilaporkan Hilang di Malaysia
Seorang WNI dan Suaminya Dilaporkan Hilang di Malaysia
OKI akan Bawa Kasus Rohingya ke Pengadilan Internasiona
Langgar Privasi, Prancis Denda Google Rp 800 Miliar
Ledakan Pipa Bahan Bakar Renggut 66 Nyawa
Ekonomi
Kendalikan Inflasi Daerah, Bank Indonesia Wilayah Riau Latih Petani Cabai
Kendalikan Inflasi Daerah, Bank Indonesia Wilayah Riau Latih Petani Cabai
Traffic Bun Cabang ke-45 Hadir di Pekanbaru, Tawarkan K
Bangkitkan Ekonomi Nasional, Astra Dukung Paviliun Indo
Hoax or Not
Hotel di Lampung Di Teror Email Bom, Polisi Bergerak
Hotel di Lampung Di Teror Email Bom, Polisi Bergerak
Banyak Pelaku Terorisme Berasal dari Sumbar dan Sumsel,
Soal Penelantaran Kakek Bernama Abdul Jalil di Medan, I
Budaya
Rumah Lontiok di Ngarai Sianok Bukittinggi Dijual, Bahan Kayu Sejak Tahun 1870 Silam
Rumah Lontiok di Ngarai Sianok Bukittinggi Dijual, Bahan Kayu Sejak Tahun 1870 Silam
Museum Batam Raja Ali Haji Distandarisasi, Kemendikbud:
Gubernur Sumsel Optimis Kain Khas Sumsel Tembus Pasar N
Politik
Kokohkan PKS di Akar Rumput, Ahmad Heryawan  Minta Kader Masuk ke Semua Lini Masyarakat
Kokohkan PKS di Akar Rumput, Ahmad Heryawan  Minta Kader Masuk ke Semua Lini Masyarakat
Arnita Sari Manfaatkan Majelis Taklim Untuk Serap Aspir
PKS Sumbagut: Politik PKS adalah Politik Silaturahim da
Entertainment
Tunggu ya , Serial Televisi Star Wars Segera Diproduksi
Tunggu ya , Serial Televisi Star Wars Segera Diproduksi
Ustadz Abdul Somad di Medan: Ngeri-ngeri Sedap Juga Kur
Peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Solok Apresiasi Pelaya
Leisure
Pemprov Riau Gelar Lomba Desa Wisata, Berikut Desa Pemenangnya
Pemprov Riau Gelar Lomba Desa Wisata, Berikut Desa Pemenangnya
Sukses di Butik dan Make Up, Fifi dan Budhitama Rambah
Dorong Tumbuhnya Pariwisata Batam, Disbudpar Batam Gela
Hukum
Ini Arahan Kemenkop UMKM Terkait Koperasi Iyo Basamo ke Pemkab Kampar
Ini Arahan Kemenkop UMKM Terkait Koperasi Iyo Basamo ke Pemkab Kampar
PT Padasa Klarifikasi Soal  Pengosongan Fasilitas Ruma
Usai Difasilitasi Syahrul Aidi, Kasus Lahan di Rohil in